Sabtu, 16 Februari 2013

Resep Cup Cokelat Leleh

Dari dulu aku itu senang banget sama yang namanya nyoba-nyoba resep kue, kalau resep masakan sih ga. Asal ada nemu resep kue yang bahannya mudah di dapat yah coba dipraktekkan, dulu sih paling senang nyoba resep kue kering pas deket lebaran. Waktu belum nikah kalau nyoba bikin kue lebih sering gagalnya daripada berhasilnya.hehe. Kalau ada yang gagal dulu suka aku buang lho abis malu kalau liat hasilnya ga memuaskan gitu. Cuman sekarang kalau gagal buat kuenya ga bakalan aku buang lagi (dimarahin ama suami..hihi, mubazir juga khan ya), lagian suami udah siap nampung dengan ikhlas semua kue yang gagal buat.

Sekarang karena udah nikah suka nyoba resep masakan juga sih, kasihan dong ya suami kalo yang dimasakin itu-itu aja, merana kurus kering nanti di rumah :D Tapi kalo untuk nyoba resep kue masih paling favorit dibandingkan nyoba resep masakan. Terutama untuk resep kue/cake cokelat ya. Jadi kalo ada nemu resep berbahan cokelat pasti ngiler pengen nyoba. Makanya dari resep kue yang aku posting banyakan yang cake coklat.

Nah minggu lalu itu suami pas ke kota aku titip dibeliin tabloid Saji, maklumlah kalau di Tarjun ga ada jual majalah/tabloid jadi kalau mau beli harus ke kota dulu. Di edisi Saji itu lagi banyak resep cake cokelatnya, wuih kebetulan banget memang udah lama ga nyoba resep lagi. Setelah aku lihat satu-satu dapatlah satu resep yang kebetulan stock bahannya ada semua di dapur. Dari gambarnya aja menggiurkan, cake cokelat yang kalau dibelah langsung keluar lelehan cokelat dari dalam cakenya. Menggiurkan banget pokoknya, ga sabar buatnya. Tunggu ada waktu senggang pasti langsung aku coba buat deh.

Pas Rabu kemarin lagi ada waktu luang, semua urusan udah beres, Arien juga lagi bobo siang. Langsung aja keluarin semua bahan-bahan yang diperlukan, ditakar, ditimbang. Lengkap deh, tinggal di kocok+dioven aja.

Oiya Bahan, Cara Membuatnya ini ya aku share dari Tabloid Saji :

Resep Cup Cokelat Leleh

Bahan :
100 gram margarin
225 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
5 butir telur
150 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
25 gram cokelat bubuk
25 gram susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder

Bahan Taburan :
1 sendok makan gula tepung

Cara Membuat :
  1. Panaskan margarin. Masukkan cokelat masak pekat. Aduk hingga larut. Biarkan kental.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan garam dengan kecepatan rendah 1 menit. Tambahkan campuran cokelat. Kocok perlahan. Masukkan cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Sisihkan.
  3. Tuang ke dalam loyang muffin pendek lebar yang dioles margarin.
  4. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 12 menit hingga matang. Biarkan dingin. Keluarkan dari loyang.
  5. Sajikan setelah ditabur gula tepung.
Sumber : Tabloid Saji Edisi 260 TH. X

Seharusnya sih ya tampilannya itu seperti ini :

*aku foto dari tabloid Sajinya, kelihatan ya kalo cake ini dipotong trus keluar deh cokelat leleh dari dalamnya, lezatttoos yaa sepertinya*

Tapiiii cake yang kali ini aku buat gagal, hiks, pengennya keluar cokelat leleh seperti yang di foto itu. Ternyata aku ada kesalahan pas pemanggangannya (kelamaan), padahal cake jenis ini waktu panggangnya harus pas. Dua kali oven semuanya gagal, susah ternyata.hehe. Takut ga matang sih jadi nambah-nambahin sendiri waktunya (seharusnya cuman 12 menitan aku tambahin terus timernya jadi 25 menit, hahah sok pede). Yang oven ke dua kali juga gitu takut ga matang eh panggangnya ku setting sampe 20 menit, sama gagal juga. Jadi hasil cakenya itu lebih mirip ke brownies, bantat habis tanpa lelehan cokelat di dalamnya.

Tampilannya jelas jadi ga menarik, ada yang meluber sampai keluar dari loyang muffinnya, ada yang bentuknya aneh..haha. Kalau dari segi rasa sih enak aja ya, brownies cokelat deh jadinya tapi teramat bantat :D

Hasilnya yah seperti ini, sama sekali ga menarik buat disajikan *Ayaaah, tolong diabisin yaa :D*

Yaahh lain kali lagi deh dicoba buat, setidaknya udah mencoba walaupun masih gagal. Sapa tau ada yang berminat buat cake dengan cokelat meleleh di dalam bisa liat tipsnya di sini yaa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar