Senin, 05 November 2012

Anak Panas = Sediiihh

Hwaa, baru sempet tengok blog lagi setelah beberapa minggu. Diriku disibukkan dengan kegiatan mudik ke Balikpapan pas Idul Adha kemarin ditambah lagi Arien anakku baru aja sembuh dari demamnya.

Iyah Arien 3 hari yang lalu itu mulai panas badannya, sore harinya sih masih hangat, masih main-main juga, nah pas malam mau tidur itu suhu badannya tinggi banget sampai 38· C. Ga rewel sih cuman akunya aja yang panik banget, mana lagi ga ada suami (suami ga ikutan berlama-lama di Balikpapan). Ada mama sih memang, cuman tetep aja ga tenang, kebiasaan kalau anak sakit ngurusnya berdua. 

Dan parahnya lagi kalau Arien lagi sakit itu aku kayak ikutan sakit juga, jadi drop, mau ngapa-ngapain itu malas, ga semangat, takut kalau kenapa-napa sama Arien, bawaannya sedih terus. Biasanya yang suka kasih tenang yah suami aku, berhubung lagi jauhan yah harus bisa menenangkan diri sendiri, masa anak sakit ikutan sakit juga, entar kasihan Ariennya yah ga ada yang ngurusin. Untungnya masih ada mama yang setidaknya bisa bantuin ngurusin Arien juga.

Biasanya kalau Arien panas itu aku kasih obat penurun panas yang memang dulu dikasih ama dokter. Jadi, stock obat penurun panas harus selalu ada, buat jaga-jaga. Pas malam pertama Arien panas udah aku minumin obat penurun panas, asal tahu aja ya Arien itu paling susah yang namanya minum obat, dari bayi memang gitu sih kalau diminumkan obat pastilah dimuntahin, dan sekarang umur 2 tahun masih aja suka muntah kalau minum obat. Pokoknya asli pusing kalau udah mau minumin Arien obat. Alhamdulillah, selama sakit ini tiap minum obat ga pernah dimuntahin lagi cuman yah itu tetep aja susah dibujuk buat minum obat.

Besok paginya sih suhu badannya udah mulai turun 37·C, masih main juga cuman kelihatan matanya Arien masih sayu, ga mau makan sama minum juga. Biasanya sih kalau Arien panas itu kalau ga radang tenggorokan yah kecapekan. Kalau dilihat dari sikapnya yang ga mau makan, minum tebaknya sih tadang tenggoroka *serasa dokter aja ya diagnosis sendiri*. Rencana sih kalau  2 hari panasnya ga turun baru deh ke dokter, soalnya udah pengalaman juga tiap kali panas terus ke dokter musti yang dikasih obat penurun panas yang sama, dan biasanya manjur sih. Jadi, aku nunggu hasil obatnya dulu, ga langsung buru-buru ke dokter.

Alhamdulillah hari ini udah normal lagi suhu badannya Arien, tadi habis cek suhunya 36·C, dari pagi udah ga  naik turun lagi panasnya kayak kemarin. Udah mulai mau makan walaupun ga pernah habis, udah mulai banyak minum lagi, matanya udah ga kelihatan sayu lagi, udah lincah maen kesana-kemari. Rasanya bahagia banget bisa liat Arien ceria lagi, Bundanya bisa semangat kembali. Wuih lihat anak sehat itu segalanya :)

Jadi yah kalau anak sakit panas itu jangan panik kayak diriku, dibawa tenang, pengobatan pertama berikan obat penurun panas, kalau punya anak wajib punya nih. Kalau kata dokter yang suka nanganin kalau Arien panas nih kalau anak sakit itu usahakan banyak cairan yang masuk, banyak diminumin air, banyak makan, biar panasnya bisa menurun. Kalau udah lewat 3 hari panasnya masih tinggi juga, harus segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selama ini Alhamdulillah Arien kalau lagi sakit demam/panas diminumin obat penurun panas selalu sembuh.

Begini nih kalau Arien lagi sakit, lemess *kangen Ayah kali ya, Bunda juga kok :)*

10 komentar:

  1. Kalo anak sakit bawaannya emang gk tenang ya mbak :) aku juga kemarin meca badannya anget2 gitu kynya badannya ada yg sakit, aku kasih penurun panas trus bawa pijat eh gk taunya bahunya salah urat, mungkin gr2 kelewat lincah tengkurap ya
    Cepet sembuh ya kakak arien :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Mb kalo anak sakit itu bawaannya ga tenang, mana aku panikan Mb.
      Wah lagi aktif tengkurap ya dede Meca, lincah bener itu ampe bahunya bisa salah urat :)

      Alhamdulillah KK Arien udah sembuh kok :)

      Hapus
  2. Mbak, ada anaknya temanku yang sekolah asrama saking kangen pulang jadi pingsan di sekolah >.< Psikologis banget ya.

    Syukurlah Arien udah sehat sekarang ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heeh Mb, Arien kena virus kangen ma Ayahnya nii, sekarang udah baikan kok :)
      Wah kalo tiap kangen pingsan gawat juga tuh Mb Eka.

      Hapus
  3. kl anak sy sakit juga spt itu mbak.. tunggu 3 hari dulu baru bw ke dokter.. Sebelumnya di kasih obat turun panas aja dulu.. Kl terlalu awal di bawa malah suka di tegur ma dokternya.. Tp kalo udah di atas 39, gak usah nunggu 3 hari hrs langsung di bawa ke dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Mb, selama ini Arien kalo panas diminumin obat penurun cocok aja sih, kecuali panasnya tinggi, terus ga berhenti memang harus segera dibawa ke dokter.
      Yah maunya sih anak sehat terus yah Mb.

      Hapus
  4. Anak sakit memang bikin sakit kita juga, apalagi kalo anaknya masih kecil mintanya gendongan terus, digendong orang lain ga mau. Plong rasanya bila masa-masa sulit itu berakhir dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mas, kalau anak udah sembuh rasanya plong banget. Masa-masa ngurusin anak yang lagi sakit itu luar biasa tekanannya, apalagi aku yang pasti drop duluan liat anak sakit. Jadi belajar dari pengalaman harus tetap semangat, ekstra sabar kalau menghadapi anak yang lagi sakit.

      Hapus
  5. iya ya
    obat penurun panas tuh memang harus selalu ada di rumah
    penting banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada anak kecil di rumah obat penurun panas harus selalu ada Mba, biasanya kalau udah diminumin beberapa kali panasnya langsung turun.

      Hapus